Perhatikan Bagaimana Sekarang Anda Mengatasi Stres

Pada saat ini, pikirkan tentang cara anda mengelola dan mengatasi stres dalam hidup anda. Jurnal stres dapat membantu anda mengidentifikasi stres. Apakah strategi mengatasi anda sehat atau tidak sehat, membantu atau tidak produktif? Sayangnya, banyak orang mengatasi stres dengan cara yang menambah masalah.

Cara yang tidak sehat untuk mengatasi stres
Strategi mengatasi stres berikut ini dapat mengurangi stres sementara, tetapi dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan dalam jangka panjang:
  • Merokok 
  • Minum terlalu banyak 
  • Terlalu banyak makan atau kurang makan 
  • Selama berjam-jam di depan tv atau komputer 
  • Menarik diri dari teman, keluarga, dan kegiatan 
  • Menggunakan pil atau obat-obatan untuk bersantai 
  • Tidur terlalu banyak 
  • Menunda-nunda 
  • Mengisi setiap menit sepanjang hari untuk menghindari menghadapi masalah Melampiaskan stres pada orang lain (memukul, kemarahan yang meluap-luap, kekerasan fisik)
atlit berlari mengangkat sepeda dikejar badak yang mengamuk
onemillionpicture.com
Belajar cara sehat mengelola stres
Jika metode anda untuk mengatasi stres tidak berkontribusi terhadap kesehatan emosional dan fisik yang lebih besar, saatnya untuk menemukan cara lebih sehat. Ada banyak cara sehat untuk mengelola dan mengatasi stres, tetapi semua cara tersebut membutuhkan perubahan. Anda dapat mengubah situasi atau mengubah reaksi anda. Ketika memutuskan pilihan mana yang dipilih, sangat membantu untuk berpikir empat berikut: menghindari, mengubah, beradaptasi, atau menerima.

Karena setiap orang memiliki respon yang unik terhadap stres, tidak ada solusi "satu ukuran yang cocok untuk semua" untuk mengelola stres. Tidak ada metode tunggal yang bekerja untuk semua orang atau dalam setiap situasi, sehingga lakukan percobaan dengan teknik dan strategi yang berbeda. Fokus pada apa yang membuat anda merasa tenang dan terkendali.

Berurusan dengan 4 situasi stres berikut:
Mengubah situasi: Menghindari penyebab stres dan Mengubah penyebab stres
Mengubah reaksi anda: Beradaptasi terhadap penyebab stres dan Menerima penyebab stres

Sumber : http://www.helpguide.org/mental/stress_management_relief_coping.htm