Apa Saja Distorsi Kognitif Yang Menambahkan Kecemasan, Kekhawatiran, Dan Stres

Berikut distorsi kognitif yang menambahkan kecemasan, kekhawatiran, dan stres :

Pemikiran semua atau tidak sama sekali. Melihat semua dalam kategori hitam atau putih, dengan tidak ada jalan tengah. "Jika aku jatuh sedikit dari kesempurnaan, aku gagal total."


Generalisasi yang berlebihan. Generalisasi dari pengalaman negatif, mengharapkan berlaku selamanya. "Saya tidak memperoleh pekerjaan tersebut. Saya tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan apa pun."


Apakah yang dimaksud dengan distorsi kognitif? Silakan baca artikel 'Strategi 4 Mengatasi Kekhawatiran Dan Kecemasan : Menantang Pikiran Cemas'


if plan a fails remember that you have 25 letters left
Have A Laugh - facebook
Penyaring Mental. Berfokus pada negatif sementara menyaring semua positif. Memperhatikan satu hal yang tidak beres, daripada semua hal yang berjalan baik. Menghilangkan positif – Membuat alasan mengapa hal positif tidak masuk hitungan. "Aku melakukan presentasi dengan baik, tapi itu hanya keberuntungan bodoh."
Melompat ke kesimpulan. Membuat interpretasi negatif tanpa bukti nyata. anda bertindak seperti seorang pembaca pikiran, "Saya bisa mengatakan secara diam-diam dia membenci saya." Atau seorang peramal, "Saya tahu sesuatu yang mengerikan akan terjadi."
Bencana. Mengharapkan skenario terburuk terjadi. "Pilot mengatakan kami berada dalam turbulensi. Pesawat akan menabrak!"
Penalaran Emosional. Percaya bahwa cara anda merasa mencerminkan realitas."Saya merasa takut sekarang. Itu berarti saya dalam bahaya fisik yang nyata."
'Seharusnya ' dan 'seharusnya tidak'. Berpegangan pada daftar ketat apa yang harus dan tidak harus dilakukan dan menghukum diri jika anda melanggar salah satu aturan.
Pelabelan. Membuat label sendiri berdasarkan kesalahan dan kekurangan yang dirasakan. "Saya seorang yang gagal, idiot, pecundang."
Personalisasi. Membuat asumsi tanggung jawab untuk berbagai hal yang berada di luar kendali anda. "Ini salah saya, anak saya mengalami kecelakaan. Saya seharusnya memperingatkan dia untuk mengemudi dengan hati-hati di tengah hujan."

Sumber : http://www.helpguide.org/mental/anxiety_self_help.htm