Strategi 4 Mengatasi Kekhawatiran Dan Kecemasan : Menantang Pikiran Cemas

Jika anda menderita kecemasan dan kekhawatiran kronis, kemungkinan anda melihat dunia dengan cara yang membuatnya tampak lebih berbahaya daripada yang sebenarnya. Sebagai contoh, anda mungkin melebih-lebihkan kemungkinan bahwa berbagai hal akan memburuk, segera melompat ke skenario terburuk, atau memperlakukan setiap pikiran negatif seolah-olah hal itu fakta. Anda juga dapat mendiskreditkan kemampuan anda sendiri untuk menangani masalah hidup, dengan asumsi anda akan berantakan pada saat menghadapi gejala awal masalah. Sikap pesimis dan tidak rasional ini dikenal sebagai distorsi kognitif.


captain optimism versus pessimistic man
Have a laugh - facebook
Meskipun distorsi kognitif tidak berdasarkan pada realitas, distorsi tersebut tidak mudah menyerah. Sering kali, distorsi adalah bagian dari pola pemikiran seumur hidup yang menjadi begitu otomatis sehingga anda bahkan tidak benar-benar menyadarinya. Dalam rangka memecahkan kebiasaan berpikir buruk dan menghentikan kekhawatiran dan kecemasan yang turut serta, anda harus melatih otak anda.


Mulailah dengan mengidentifikasi pikiran menakutkan, menjadi sedetail mungkin tentang apakah ketakutan atau kekhawatiran anda. Kemudian, bukannya melihat pikiran anda sebagai fakta, perlakukan pikiran sebagai hipotesis yang anda akan uji.Ketika anda menilai dan menantang kekhawatiran dan ketakutan, anda akan mengembangkan perspektif yang lebih seimbang.

Berhenti khawatir dengan mempertanyakan pikiran cemas:
  • Apa bukti bahwa pikiran itu benar? Bahwa itu tidak benar?
  • Apakah ada, cara yang realistis lebih positif dalam memandang situasi?
  • Apakah kemungkinan bahwa apa yang saya takuti akan benar-benar terjadi?
  • Jika probabilitasnya rendah, apakah kemungkinan hasilnya?
  • Apakah pemikiran tersebut bermanfaat? Bagaimana kekhawatiran tentang hal ini akan membantu saya dan bagaimana hal ini akan menyakiti saya?
  • Apa yang akan saya katakan kepada seorang teman yang memiliki kekhawatiran ini?
Silakan baca artikel terkait Strategi 5 Mengatasi Kekhawatiran Dan Kecemasan : Sadarilah Bagaimana Orang Lain Mempengaruhi Anda  
Sumber : http://www.helpguide.org/mental/anxiety_self_help.htm