Mengapa Begitu Sulit Untuk Berhenti Khawatir?

Kekhawatiran terus-menerus membuat beban yang berat. Yang membuat anda bangun di malam hari, tegang dan gelisah di siang hari. Anda benci merasa seperti penggugup. Jadi mengapa begitu sulit untuk berhenti khawatir? Bagi kebanyakan pencemas sangat kronis, pikiran-pikiran cemas didorong oleh keyakinan, baik negatif maupun positif tetap saja khawatir.

Di sisi negatif, anda mungkin percaya bahwa kekhawatiran secara terus-menerus adalah berbahaya, yang akan membuat anda gila atau mempengaruhi kesehatan fisik anda. Atau anda mungkin khawatir bahwa anda akan kehilangan semua kontrol akibat kekhawatiran anda, maka hal itu akan mengambil alih dan tidak pernah berhenti. Di sisi positif, anda mungkin percaya bahwa kekhawatiran membantu anda menghindari berbagai hal buruk, mencegah masalah, mempersiapkan hal yang terburuk, atau mengarah ke solusi.
beruang dengan pose lucu
www.onemillionpicture.com
Keyakinan negatif, atau mengkhawatirkan tentang kekhawatiran, menambah kecemasan anda dan membiarkan kekhawatiran tetap berjalan. Tetapi keyakinan positif tentang kekhawatiran, bisa juga sama merusaknya. Sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan khawatir jika anda yakin bahwa kekhawatiran melindungi anda. Untuk menghentikan kekhawatiran dan kecemasan agar lebih baik, anda harus melepaskan keyakinan kalau kekhawatiran memiliki suatu tujuan positif. Jika anda menyadari bahwa kekhawatiran adalah masalah, bukan solusi, anda bisa mendapatkan kembali kontrol atas pikiran khawatir anda.

Mengapa anda terus khawatir
Anda memiliki perasaan campur aduk mengenai kekhawatiran anda. Di satu sisi, kekhawatiran anda mengganggu, anda tidak bisa tidur, dan tidak bisa mengeluarkan pikiran-pikiran pesimis keluar dari kepala anda. Tapi ada cara bahwa kekhawatiran ini masuk akal bagi anda. Misalnya, anda berpikir: 
  • Mungkin saya akan menemukan solusi. 
  • Saya tidak ingin melewatkan apapun. 
  •  Jika saya terus berpikir sedikit lebih lama, mungkin saya akan mengetahuinya. 
  • Saya tidak ingin menjadi terkejut. 
  • Saya ingin bertanggung jawab.
Anda memiliki waktu yang sulit sehingga menyerah pada kekhawatiran anda karena, dalam arti, kekhawatiran telah berlaku pada anda.

Sumber : http://www.helpguide.org/mental/anxiety_self_help.htm