Kesehatan Fisik Terhubung Ke Kesehatan Mental Dan Emosional

Merawat tubuh Anda adalah langkah pertama yang kuat terhadap kesehatan mental dan emosional. Pikiran dan tubuh terkait. Ketika Anda meningkatkan kesehatan fisik Anda, secara otomatis Anda akan mengalami kesejahteraan mental dan emosional lebih besar. Misalnya, olahraga tidak hanya memperkuat jantung dan paru-paru, tetapi juga melepaskan endorfin, bahan kimia kuat yang memberikan energi dan mengangkat suasana hati kita.
Kegiatan Anda terlibat didalamnya dan pilihan sehari-hari Anda buat mempengaruhi cara Anda merasa secara fisik dan emosional.


Istirahat yang cukup. Untuk memiliki kesehatan mental dan emosional yang baik, penting untuk merawat tubuh Anda. Itu termasuk cukup tidur. Kebanyakan orang membutuhkan tujuh sampai delapan jam tidur setiap malam agar dapat berfungsi secara optimal.

Pelajari tentang nutrisi yang baik dan praktekkan. Ilmu gizi memang rumit dan tidak selalu mudah untuk dipraktekkan. Namun, semakin Anda belajar tentang apa yang Anda makan dan bagaimana hal itu mempengaruhi energi dan suasana hati, semakin baik Anda rasa.

Olahraga untuk meredakan stres dan mengangkat suasana hati Anda. Olahraga adalah penangkal ampuh untuk stres, kecemasan, dan depresi. Carilah cara kecil untuk menambah kegiatan untuk hari Anda, seperti naik tangga bukan lift atau berjalan kaki singkat. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan mental yang paling maksimal, lakukan olahraga selama 30 menit atau lebih per hari.

berbaring nyaman di sofa empuk di pinggir pantai
Sumber:Creative Ideas-Facebook

Dapatkan sinar matahari secukupnya setiap hari. Sinar matahari mengangkat semangat hati Anda, jadi cobalah untuk mendapatkan setidaknya 10 sampai 15 menit sinar matahari per hari. Hal ini dapat dilakukan saat berolahraga, berkebun, atau bersosialisasi.

Batasi alkohol serta hindari rokok dan obat-obatan lainnya. Hal ini adalah stimulan yang tidak wajar yang dapat membuat Anda merasa baik dalam jangka pendek, namun memiliki konsekuensi negatif jangka panjang bagi mood dan kesehatan emosional.
Sumber : http://www.helpguide.org/mental/mental_emotional_health.htm